Rabu, 21 April 2010

The Next Kartini’s

Hey girls…
It’s Kartini’s day….
Apa yang udah kita lakukan selama ini untuk menjadi the next Kartin’s?
Yah mungkin kita masih dalam proses menuju walau sedikit terlambat memang, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali kan?

Okey, hari ini aku akan berbagi cerita tentang the next Kartini, mereka adalah 5 perempuan cantik yang sedang dalam proses mencapai cita-cita mereka masing-masing.

Ya ini cerita tentang sahabat-sahabatku.
Awalnya kami terdiri dari 8 orang, tapi karena proses seleksi alam dan miss communication akhirnya sekarang tersisalah 5 cewek cantik ini:

*Me : Citra Mardiati (Chici)
Kurasa aku nggak perlu terlalu bicara banyak tentang diriku sendiri, itu sangat membosankan ketika harus menilai diri sendiri.

*My Twin: Mitra Hayati (Mimi)
Mimi adalah perempuan penyuka warna merah. Sedikit keras orangnya, pendengar yang yang baik, mudah bergaul, tapi sekarang lagi sulit mengontrol hobi belanjanya terutama barang-barang yang berwarna merah. Kalo mau curhat memang dialah tong sampah yang tepat karena nasihatnya lumayan bijak (sering aku mikir sebenernya yang cocok kuliah di Psikologi ntu harusnya dia ini deh!). Waktu zamannya sekolah sih dia memang sedikit judes dan berlidah tajam, tapi sekarang lidah tajamnya lebih sering ngasi solusi-solusi buat orang-orang di dekatnya.

*Wesimah Bengi Ni Ate (Wessy)
Perempuan yang satu ini pembawaannya keras dan sekaligus centil. Dia terkenal paling tomboy dibandingkan kami, padahal aslinya cengeng, hehehe… Oia sekarang dia udah lebih femi sih keliatan luarnya, tapi menurut aku pribadinya masih sama seperti yang kami kenal lagi.Tapi dia adalah tipe orang yang punya ambisi yang gede banget ama sesuatu yang pengen dicapainya. Dari Wessy lah awalnya aku jadi suka baca komik n majalah, karena sering dipinjemin kalo maen ke rumahnya, padahal kalo ke orang komik-komiknya pada disewain lho! Sampai sekarang dia masih satu2nya orang yang bisa nyetir diantara kami semua (sorry ya bu, ntar kalo aku udah punya supir pribadi ntar dirimu bebas deh disupirin kemana-mana *ngayaL…). Wessy punya sakit asma dan geli banget ama cicak. Jadi jangan sekali-kali nyodorin cicak ke dia, dia bisa nangis lho saking gelinya, hahaha… di kelas anak-anak cowok sering nakutin dia ni pake cicak karet. Dia juga penggila warna merah dan beralih jadi warna kuning sekarang (bener nggak ya ini? Udah lama nggak bahas warna fav soalnya, hihihi..). Dia juga suka gambar karena terinspirasi dari kegilaannya ama komik dan aku masih nganggap tulisanmu itu imut lho sy…

*Rahma Yanti (Nenek)
Pasti pada heran kenapa kami manggilnya nenek kan? Gini ni ceritanya. Dulunya ntu kita punya temen yang badannya kurus rada ceking gitu, jadi anak-anak pada manggil dia kakek, nah pacaranlah si Yanti ini ama si kakek, jadi deh kebawa ampe sekarang panggilan neneknya. Mama ku aja pernah marahin aku karena kami ngasi julukan ini ke dia, tapi lama-lama semua jadi terbiasa. Perempuan penyuka warna hijau ini orangnya sedikit keras kepala, ramah, pendengar yang baik, tapi jarang cerita. Kadang-kadang aku mikir malah dia ntu lebih tertutup dibandingin aku saking jarangnya si nenek curhat. Mungkin ini ada hubungannya dengan rasa trauma saat dia dijajah ama salah satu teman lama kami kali ya? Jadi susah speak up nya ntu terbawa ampe sekarang, tapi ya who know? Cuma nenek doank yang tau jawabannya, hehehe… melebay biruw saia (pinjem kata-kata wessy).

*Suci Purnamasari (Uchie)
Si bungsu ini rada-rada autis orangnya dan pas zaman sekolah dulu pas banget kalo namanya “UCI” ntu ditambahin huruf “T” jadi “UCIT”, yang dalam bahasa Gayo artinya pelit, ampe kami pernah manggil dia Sucicakcit, hahaha… Peace sist (>o<)v… Tapi dia ini juga tipe pekerja keras kalo udah serius ama sesuatu, tapi suka Oon kadang-kadang dan pelupa banget amah hal-hal yang bukan termasuk pengetahuan umum, kayak nama orang, mana tempat, dsb. Suka gambar dan suka banget ama warna biru pas zaman sekolah dulu. Dia ampe punya ransel biru kebanggaan dan diary biru andalan yang suka disembunyiin di belakang poster pahlawan or di pohon bamboo depan kelas bersama-sama komik kami kalo ada razia BP di kelas. Seperti pertanyaan @Pandji di twitter beberapa hari yang lalu “dari SD, SMP dan SMA manakah yang paling berkesan buat lo?”, tentu aja aku jawabnya masa SMP dund! Yups… masa-masa bersama kalian girls…… Terlalu banyak kenangan yang tentunya sayang sekali jika terhapuskan. Masa kita berjuang bersama dalam mencari jati diri masing-masing, Ooo that’s so sweet girls….

Saat kami jadi suka baca komik (kecuali nenek, ampe sekarang jangankan baca, ngelirik juga nggak dia ama yang namanya komik) dan majalah. Ya aku ingat banget kami sama-sama suka majalah Gadis. Ampe akhirnya kita pada berinisiatif untuk buat majalah sendiri yang Cuma bertahan ampe 2 edisi, ntu juga karena anak kelas sebelah juga ikut-ikutan bikin, huff… that’s not good idea girls… Aku aja lupa apa nama majalah kami ntu, majalah yang terdiri dari beberapa lembar kertas yang hanya dijilid seadanya tanpa ada permainan warna di cover dan isinya. Majalah pertama kami yang kuingat ngeliput tentang juara umum di sekolah, gampang banget dapet wawancaranya, kan Diana sang juara temen sekelas kami, terus ada cerpen, tips-tips apa gitu, huff** bener2 lupa aku!!!

Terus kami juga menamakan kelas kami ntu kampoeng 31 pas kelas 3 SMP, terus namain komunitas kami Biggest Japaness Family, ampe menamain diri sendiri ama nama Jepang gitu deh, dan aku juga lupa nama-nama itu, hahaha…. Kita juga pada suka ama musik karena terpengaruh ama Wessy yang sangat tergila-gila ama Shane nya Westlife, pin up nya ampe dibawa kemana-mana lho ama dia, hahaha….

Terinspirasi banget ama film AADC. Mulai dari sewa vcd n nonton bareng di rumah wessy terus kebiasaan kami yang sengaja dipaksain bisa mirip dengan adegan2 di film ntu. Nggak tanggung2 kami kreasiin secara nyata lho. Kayak buat majalah ntu, terus juga sedikit nyuri ide buat drama kami, beuh,,,, lebay n gila banget kan?

Kalo dipikir-pikir kami berlima ini termasuk tipe yang sedikit idealis. Kami berani bentuk Band yang personilnya terdiri dari cewek semua, walaupun awalnya memang sang drummer dimainkan oleh cowok ampe akhirnya (kata uchie ni) kami menemukan gajah dipelupuk mata, ada bakat itu di nenek. Dan akhirnya jadilah Nenek si drummer, Uchie si guitarist, Wessy si bassist aku si vocalist, dan mimi si manager.

Kami namain band kami “Error Band”. Yak kayaknya bener banget kata orang-orang kalo nama itu adalah doa, buktinya selama kami manggung jarang-jarang banget penampilan kami nggak Error, hahahha…. Kalo cerita tentang error band nggak ada habisnya deh, pengen ketawa aja bawaannya. Aku yang selalu naik or turun satu nada nyanyinya kalo manggung. Wessy yang harus nahan bengek karena kan kalo festival gedungnya dipenuhi ama asap rokok. Nenek yang harus berjuang keras belajar drum. Kami yang tergila-gila ama Green Day and Avril Lavigne. Maksa banget bawa lagu Everythingnya M2M untuk festival band. Ampe ada seorang suhu yang rela nggak dibayar untuk melatih band kami, he’s the great teacher Canonz….

Kami juga nggak mau dianggap cewek Lemah, ampe aku, Uci n Wessy ikutan Taekwondo untuk pertahanan diri (walau akhirnya aku keluar karena divonis kena gejala usus buntu oleh dokter dan izin latihanku dicabut ama papa). Kita juga ikutan latihan basket, yang waktu itu di Takengon masih termasuk olahraga yang belum diminati banget ama cewek. Ampe pelatihnya pernah ngatain Mimi tangannya kayak ngulek sambel saking lembutnya waktu drible bola, tap teteup aja kekeuh latihan beberapa minggu dan ujung-ujungnya pada nggak tahan dan hanya wessy yang masih maen basket ampe sekarang. Kami juga nggak mau kalah ama cowok saat itu, walau pun hanya Uci yang jago gambar kami teteup jadi supporter yang kalem waktu nungguin uchie ikutan lomba lukis mewaliki sekolah, padahal saat itu kebanyakan yang ikutan ntu cowok.

Soal prestasi akademik, jangan ditanya! kami termasuk anak-anak yang lumayan dalam berprestasi, 3 tahun selalu berada di kelas unggul walau bukan termasuk jejeran juara kelas sudah membuat kami cukup bangga karena berada di kelas terbaik diantara yang lain. Dalam bidang seni, aku dan mimi juga ikut andil saat memenangkan lomba tari yang mewakili sekolah, Wessy juga aktif di Pramuka.Tapi tentunya prestasi-prestasi itu kami dapetin dengan menjunjung sportivitas juga dund.

Hmm… sebenarnya tulisan ini terinspirasi karena semalem wessy nyuruh aku nulis tentang kami di blogkuh, berhubung ini hari ini hari kartini kenapa nggak kujadikan tema tulisan aja kan… Hmm.. masa-masa bersama mereka memang benar-benar tidak akan terlupakan, Mereka bagai keluarga kedua bagi ku. Mereka lah yag serba tau gimana sifat asliku. Walau sekarang kami berada di 3 kota yang berbeda, memiliki teman dan sahabat baru, punya kegiatan madding-masing, tapi ntah kenapa seperti ada benang merah yang menyatukan kami. Persahabatan yang udah berjalan selama 11 tahun inilah yang menyaksikan kami tumbuh hingga menjadi 5 perempuan cantik yang tentunya nantinya akan melakukan perubahan untuk diri sendiri mau pun orang-orang di sekitar kami.

Yups… sekarang memang kami masih dalam proses pemantapan diri. Tapi lihatlah, nantinya akan ada Citra Mardiati si psikolog , Wesimah Bengi ni ate si bu dokter, dan bu dokter gigi Suci Purnamasari yang nantinya kami akan membantu orang banyak. Dan tidak ketinggalan bu guru Mitra Hayati yang akan membuat matematika itu menjadi pelajaran yang disukai murid-muridnya, dan bu guru Rahma Yanti yang akan mengubah paradigma kebanyakan orang bahwa Bahasa Indonesia itu gampangan dan mudah dan akan melahirkan penulis-penulis baru yang bisa menceritakan betapa indahnya semua yang dimiliki bumi Indonesia tercinta ini.

Selamat hari kartini buat semua perempuan di Indonesia Moga kita bisa melakukan perubahan untuk Negara kita tercinta ini walau pun dalam bentuk kecil dan penjualan manusia terutama perempuan bisa diberantas. Ingat kita perempuan bukan orang yang lemah kalo kita punya ilmu pengetahuan basic agama yang kuat, karena anak yang baik dalam segala hal berasal dari pola asuh kita girls. And u know kita perempuan lebih dominant lho dalam penentuan kemampuan intelektual anak-anak kita nantinya, Jadi mari kita buat diri kita pintar terlebih dahulu agar anak-anak kita nantinya lebih pintar lagi dari kita. Hidup perempuan Indonesia….

*Bantu doa ya buat kami berlima ini agar bisa mewujudkan cita-cita kami… dan kalo mau liat kenangan-kenangan kami lainnya check aja di blog Mimi http://mimisikembar.blogspot.com dengan judul Update Status di Facebook (>o<)p



8 komentar:

  1. hiaaaahhh...hihihi...ngga tau mau ngomen apah...kangeeen masa masa ituh

    BalasHapus
  2. Chi,,,
    maapkan jika karna kelas kami klian jd badmood utk nerusin majalahnya,,,, :-s

    waktu itu sebenarnya ingin mewadahi teman2 yg selama ini pny bakat tp ga tersalur, kayak
    Ria yg sk buat cerpen, Ayu sisyl yg sk gambar, Yolan yg sk bwt puisi, dll...
    sekali lagi maap yah,,, :)

    (Ria)

    BalasHapus
  3. @Uchie: mishu too bu....

    @Ria: hehe nggak papa kok bu
    namanya dulu gejolak masa remaja yang penuh dengan orang-orang yg moody
    tapi dalem ati ada sedikit rasa bngga juga sih jadi nularin ide ntu ke kalian...

    Ria suka buat cerpen ya bu?
    kenapa nggak di tulis di blog aja?
    atau mungkin udah punya aja...?

    BalasHapus
  4. huhuhu,,,,,
    ehm,, Ria jg pny blog siy,,,
    cm ga keurus, hehhehe,,,,,
    sibuk ama kuliahan, tp skrg mw cb2 nulis lg :)

    ntar Ria kasi tw blog Ria, klo dh eksis lg di dunia blog :D

    BalasHapus
  5. Ayo bu semangat nulis lagiii... (>o<)/

    BalasHapus
  6. rozi like this...
    hahahaha...

    kebanyakan maen FB

    BalasHapus
  7. ceritanya seruuuu, oohh jadiiii...
    oohh I see...
    ternyata Uchi ma Chici itu dari dulu temenan yaaa.. I see, dan nama2 yg ada disini juga keknya gak asing *karena temenan ma Uchi dan si Oom Rozi* :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...