Jumat, 23 April 2010

Lapisan Ozon


Hai.. hai…
Selamat Hari Bumi teman-teman….
hehe walau telat sehari ngucapinnya

Setelah di postingan sebelumnya aku membahas tentang kota Medan yang udaranya makin hari makin panas, hari ini tulisan ku masih berkaitan amah hal-hal pemanasan global sih. Ini hanya sekedar share aja dari hasil bacaanku di majalah Gadis lamaku.

Teman-teman pasti udah nggak asing lagi dund ama isu-isu kalo pemanasan global ini disebabkan oleh menipisnya lapisan ozon, kalo udah membahas masalah ini, beuh… merinding aja deh bawaannya. Gimana kalo lapisan ini saking tipisnya lama kelamaan jadi bolong? Uaaaa nggak kebayang kan gimana kondisi bumi kita kalo hal itu terjadi.

Ozon itu merupakan salah satu gas yang membentuk atmosfer. Ozon dihasilkan apabila oksigen menyerap sinar ultraviolet. Ozon berbeda lho dengan lapisan ozon. Lapisan ozon adalah lapisan atmosfer yang berada pada ketinggian 19-48 km yang terbentuk dari partikel-partikel ozon. Lapisan ini terbentuk dari pengaruh sinar ultraviolet terhadap oksigen, dan untungnya lapisan notrigen yang juga ada di atmosfer membuat lapisan ini menjadi stabil. Ozon merupakan gas beracun yang bila terhisap oleh kita dapat merusak paru-paru, tapi sebaliknya lapisan ozon di atmosfer dapat melindungi kita dari sinar ultraviolet yang jatuh ke bumi, dan mengurangi bahaya radiasinya.

Setiap penipisan lapisan ozon sebanyak 10%, maka kebocoran sinar UV akan meningkat sebanyak 20%. Wuih serem banget kan? Bayangin aja radiasi sinar UV ini mengakibatkan mata kita rusak. Nah kalian pernah memperhatikan nggak, sekarang pas siang hari pasti matahari terik banget ntu kan, nah aku aja yang kalo mulai keluar dari rumahnya udah agak siangan dikit pasti deh rasanya mataku kayak kaget gitu liat cahayanya pas buka pintu. Ini ada hubungannya nggak ya? Atau pengaruh mata rabunku? Hmm.. harus cari tau lagi ni… Nah selain itu, radiasi sinar UV ini juga dapat memperluas penyebaran penyakit infeksi (belum dapat info ni penyakit-penyakit apa), dan memperbesar kemungkinan kanker kulit (makanya aku nyaranin teman-teman untuk memakai cream SPF). Nah radiasi ini kalau terus dibiarin ni, bakal dapat mengakibatkan vaksinasi yang diberikan pada kita jadi nggak mempan. Huuu… serem banget!!! Belum lagi ya, katanya radiasi ini akan menciptakan asap beracun, dan seringnya terjadi hujan asam. Wuih…. teman-teman bumi kita sekarat ni….. Bayangin aja lapisan es di kutub mencair 9% setiap dekade dan ketebalan es di Antartika sudah berkuran ½ dari ketebalannya tahun 1960, hiiii… lama-lama bumi kita bisa tenggelam ni, apalagi Indonesia tercinta kita yang banyak terdapat pulau-pulau kecil.

Nah bolongnya lapisan ozon ini juga dapat menurunkan kemampuan-kemampuan organisme-organisme yang berfungsi menyerap karbon dioksida.(CO2), dan akhirnya CO2 ini akan terperangkap di dalam atmosfer dan membentuk gas rumah kaca, dan ini ni yang buat bumi kita jadi makin panas…. Nah ini juga yang menyebabkan kebakaran-kebakaran hutan di Indonesia yang sering terjadi, selain karena dibakar sendiri oleh orang-orang perkebunan yang ingin membuka lahan. Bayangin aja setengah dari 48% hutan yang menutupi bumi sekarang sudah habis dan tinggal 1/5 hutan saja yang bertahan hingga saat ini.

Buat teman-teman yang di rumahnya menggunakan AC, kalo nggak panas-panas amat kurangi deh pemakaian AC nya. Soalnya ni ya, zat kloroflourokarbon (CFC) yang terdapat pada alat-alat pendingin sangat berbahaya bagi lapisan ozon. Zat ini juga terdapat dalam Styrofoam yang biasa dipakai untuk membungkus makanan ntu lho!!! Zat yang mengandung klorin ini ya, bisa terlepas ke atmosfer dan terpecah oleh matahari sehingga menghancurkan partikel ozon. Nah 1 molekul CFC dapat menghancurkan 100.000 molekul ozon, wuih… bayangin aja berapa molekul ozon yang telah hancur akibat pemakaian AC dan Styrofoam yang dipergunakan manusia tiap harinya? Huaaaa, teman-teman….. bumi kita sekarat…..

Nah teman-teman yuk mari kita sama-sama save our earth, misalnya ya seperti yang aku bilang tadi, kurangi pemakaian AC dan Styrofoam, buang sampah pada tempatnya dan kalo bepergian yang jaraknya tidak terlalu jauh lebih baik jalan kaki, naik sepeda or naik kendaran umum aja daripada memakai kendaraan pribadi. Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi kan juga berarti mengurangi polusi udara dan suara… (>o<)P


Sumber tulisan: Gadis maG
Sumber gambar: Flickr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...