Selasa, 13 April 2010

MEDAN WARMING


Huff** kota Medan beberapa bulan ini benar-benar sedang dilanda kepanasan, bayangin aja beberapa hari ini malah suhu di kota Medan mencapai 35°C - 36°C… Bahkan tadi malem ni, aku bener-bener merasa panas yang nggak ketulungan deh. Di snaptu suhu yang terpantau 29°C tapi berasanya udah kayak 40°C, mana kipas anginku rusak lagi, tiba-tiba mati gitu nggak mau nyala lagi. Kurasa si kipas juga udah capek banget kali ya, abis non stop sih kerjanya.

Dulunya aku ini paling nggak bisa tidur pake kipas, selain karena alergi debu yang bisa bikin aku bersin-bersin kalo deket kipas angin, aku juga sering masuk angin kalo pake kipas angin. Tapi sekarang itu semua udah nggak berlaku lagi deh!! Kipas udah jadi kebutuhan banget untuk aku kalo lagi di dalam kamarku. Tapi sekarang kipasnya ngambek, huff** bakal merana ni karena kepanasan beberapa hari ke depan.

Satu hal lagi yang bikin aku nggak suka ama udara panas adalah aku cepat banget kena biang keringat. Tau deh napa. Mungkin karena aku lahir dan besar di daerah pegunungan kali ya makanya kulit ku sensitif banget ama keringat. Nah sekarang ini ni satu bagian belakang badanku, mulai dari leher ampe pinggang lagi ditumbuhi para biang keringat yang mennyebalkan itu. Huaaa kebayang nggak gimana rasanya? GATEL banget!!!! Bedak dingin buat biang keringat malah udah abis sebotol tapi nggak sembuh-sembuh juga, stress saia. Bawaannya hasrat ingin menggaruk saja… Tapi kata my twin udah mulai membekas tu karena digaruk *makin stress…..

Ini benar-benar menjadi pertanyaan besar di otakku dan banyak otak lainnya (banyak orang maksudnya), kenapa bisa jadi drastis gini peningkatan suhu di kota Medan yang panas ini. Udahlah dasarnya panas… ini makin panas lagi!!! Dari Googling yang kulakukan tadi pagi, menurut BMG kota Medan ini bakal berlangsung ampe bulan Mei or Juni gitu. Memang sih sesekali bakal turun hujan untuk menetralisir cuaca yang panas ini, tapi tau sendiri lah gimana suasana Medan kalo hujan. Hujan pun tetap gerah, apalagi menjelang hujannya itu makin panaaaasss… Mana terkadang hujan lokal sangat berlaku lagi di kota Medan. Ntar di daerah Padang Bulan hujan di daerah rumah saia nggak hujan tapi sangat-sangat merasakan kegerahan sebelum hujannya itu. OOwwhh… Bumi kita sekarat all……

Menurut BMG kota Medan, Medan warming ini terjadi karena beberapa hal berikut:

*Gejala Klimatologi
Nah Klimatologi ini terjadi karena banyaknya uap air dipermukaan bumi yang secara otomatis akan menaikkan suhu matahari. Biasanya panasnya sangat terasa sekitar jam 12.00 WIB – 16.00 WIB. Nah pada jam-jam segini memang waktu yang aku sarankan untuk tidak terlalu sering berada di luar rumah. Oia teman-teman jangan lupa juga pake cream SPF, nggak mau dong kamu jadi hitam dan terancam kena kanker kulit….

*Karena efek rumah kaca yang mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yang mengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang amat besar.

*Industri juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Nah di Medan kan juga ada Kawasan Industri Medan (KIM). Nah kegiatan mereka udah pasti ada yang melakukan pembakaran dong, yang pastinya menghasilkan karbondioksida yang bisa menyebabkan meningkatkan suhu udara. Terutama kalau pembakaran yang terjadi tidak sempurna maka dapat menyulut karbon yang cukup tinggi.

*Kenadaran bemotor udah jelas banget jadi salah satu penyebab. Di Medan aja ya, sering banget aku liat pengendara mobil pribadi yang ntu mobil cuma diisi satu orang doank, kan buang-buang asep amat ntu. Trus lagi, jangan ditanya juga seberapa banyaknya angkot dan betor (becak motor) yang asap knalpotnya juga banyak menyumbang gas-gas yang tak diinginkan ke udara. Belum lagi ni, pengendara motor yang makin bejibun di Medan, ampe saia sebagai pejalan kaki sering banget harus waspada terhadap mereka saking susahnya menyebrang.

*Konversi hutan menjadi kebun sawit. Wah ini lagi jangan ditanya deh. Tau sendiri kan kebanyakan wilayah Sumatera Utara ntu terdiri dari kebun sawit. Apalagi kalo lagi masa pembukaan lahan, pasti deh ada acara bakar membakar hutan. Kalo kalian mau menuju hampir semua daerah wisata disini jangan heran kalo diperjalanan sering kali disuguhi pemandangan pohon sawit yang buaaaanyaaaaak banget! Misalnya ni kalau kalian mau menuju daerah wisata Bukit Lawang, pasti ketemu kebun sawit. Terus kalo ke daerah Tangkahan juga gitu. Jadi waktu aku ke Tangkahan ntu bareng teman-temanku, daerah perkebunan sawitnya lagi masa peremajaan. Semua kebunnya lagi nggak ada pohonnya, pohon yang lama udah pada mati semua, karena mau ditanam ulang. Wuih… berasa lagi dimana gitu deh jadinya. Perasaan udah nyasar aja deh jalannya ngeliat ladang kosong seluas ntu, mana sepi lagi jalannya, tapi Alhamdulillah akhirnya nyampe juga kesana agak siangan dan nggak bisa ketemu ama gajah sumateranya, huff**…..

*Minimnya ruang terbuka. Medan termasuk daerah yang padat penduduk, jadi jarang banget lah bisa ditemuin daerah terbuka. Setau aku paling daerah yang agak masuk-masuk kedalem seperti Tembung misalnya. Disini masih ada kawasan pertanian gitu. Di belakang rumah temanku di daerah itu kita masih bisa liat beberapa petak sawah. Kalo di daerah Kampung Lalang jangan ditanya panasnya, disini banyak banget pabrik jadi panas banget. Malah pernah waktu aku nginep di salah satu rumah temanku disini, pagi hari udah disambut ama bebauan tak enak dicium, kata temanku sih berasal dari salah datu pabrik disitu. Huff** kebayang kan tak nyamannya tinggal disitu. Di daerah tempat tinggal ku lagi, susah banget nyari tanah kosong selain lapangan bola sepetak. Bahkan ni teman serumahku yang kuliah di PGSD kan lagi dapet tugas nanam kecambah gitu, wuih… kebingungan mau nyari tanah kemana *tepuk jidat…

*Penumpukan sampah yang mengeluarkan zat metan. Nah gas metan ini ya kabarnya mudah terbakar lho. Bahkan pernah aku baca, di salah satu TPA terancam meledak karena gas Metan. Wuih serem amat yah!! Gas metan ini sebenarnya juga bisa diolah menjadi biogas sih teman-teman lewat fermentasi kotoran hewan dengan bahan kimia tertentu, itu lho yang sekarang lagi sering-seringnya diberitakan di TV. Hmm.. memang masalah sampah ampe sekarang harusnya jadi urusan kita bersama. Aku sendiri ngaku terkadang masih buang sampah sembarangan. Di rumah juga nggak pernah misahin sampah yang organik dan non organik, dan ampe sekarang belum tau sampah yang dua hari sekali dibawa ama tukang sampah ntu ntar ujungnya berakhir kemana…


Hmm… Bicarain masalah global warming ini memang ribet yah. Gara-gara kelalaian kita sendiri akhirnya memang harus ditanggung sendiri. Kayak sekarang ini ni, suhu kota Medan yang benar-benar naik secara ekstrim. Tahan-tahankan aja lah, mau gimana lagi coba!! Yang pastinya memang harus dimulai dari diri sendiri sih ngerubahnya. Pokoknya sekarang benar-benar harus kuberlakukan pada diri sendiri “Jangan Buang Sampah Sembarangan”, aku mulai dari hal kecil dahulu untuk bisa melakukan perubahan besar.

Kalau gini jadi pengen pulang ni ceritanya. Kangen banget ama udara dingin di Takengon City yang sekarang juga udah mulai menghangat., dan kangen ama air dingin disana. Tapi disana juga nggak bisa dibilang bebas dari efek global warming lho!! Suhu disana juga udah nggak sedingin sewaktu zaman aku sekolah dulu. Perusakan hutan yang terjadi karena penebangan pohon secara liar dan pembukaan lahan pertanian juga pernah buat dampak tak mengenakkan. Sering juga terjadi longsong dan banjir air bah karena udah nggak ada yang nahan air lagi di atas gunung sana. Huff**… Saia jadi makin pusing ni gimana cara memperbaiki bumi kita ini. Gimana dengan kalian????? .

gambar

4 komentar:

  1. hampir rata-rata kawasan di garis khatulistiwa sedang warming2an deh :)

    BalasHapus
  2. Ia ni Aulia.. Kebangetan panasnya..

    BalasHapus
  3. yup, meamang aneh ya,,,aku dengar lagi ni udara memang lagi extrem,,, maksudnya kalo panas, panas trus, dan uja , ujan trus, nah kebetulan medan kenak yang panasnya,,,

    BalasHapus
  4. he eh....
    saiaaaa rinduuuu hujaaann....

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...