Rabu, 17 Maret 2010

Kios mamaku

Ok, dalam kesempatan ini aku bakal berbagi tentang pengalamanku membantu mamaku jualan di kios mungilnya. Yups… kios mungil yang membawa rezeki besar untuk keluarga kami. Karena secara tidak langsung Alhamdulillah dari kios inilah orang tuaku mendapat tambahan penghasilan untuk biaya hidup dan kuliahku dan kembaranku saat ini setelah papa pensiun.

Mama adalah sosok perempuan yang benar-benar wonder woman bagiku. Beliau adalah orang yang sangat gigih dan baik hati. Walau pendidikan mama tidak sempat lulus dari SMP, beliau sangat pintar buktinya kami anak-anaknya tumbuh dengan lumayan sempurna *yah aku pakai kata lumayan karena kan nggak ada makhluk di dunia ini yang sempurna. Yups dari mana munculnya anak-anak yang hebat itu, kalau bukan dari asuhan seorang ibu yang hebat juga. Mamaku juga punya tulisan tangan yang bagus dan tak kalah bagusnya dengan tulisan papa. Jangan ditanya tentang tulisan keempat anaknya ini, masih kalah. Yah memang sih my big sister n my brother punya tulisan yang bagus juga dibandingkan aku dan kembaranku, tapi tetap masih kalah, hehehe…. Mama tipe orang yang ramah *makanya cocok banget jualan, penyayang *buktinya hampir semua ponakan dan cucu mama semua lengket dengan beliau, pekerja keras *dari sebelum aku lahir mama sudah jualan di depan rumah walaupun papa sudah bekerja sebagai PNS, kreatif *terbukti dari makanan yang dijual mama selalu bervariasi tergantung bahan apa yang ada di rumah, pokoknya I Love U so much Mom….

Kios mungil mama terletak disebelah kanan depan bagian rumah kami. Dindingnya berca putih, dan papan-papan yang bisa dibuka pasangnya berwarna hijau dan berpintu cokelat. Di depan rumah kami terdapat tiga buah Sekolah Dasar, ada SDN 4 Takengon (kami berempat alumni sekolah ini), SDN 3 Takengon, dan SDN *duh tiba-tiba lupa karena sekarang nama dua SD itu udah diganti. Yups… karena ada tiga sekolah inilah makanya rumah kami adalah tempat yang strategis untuk berjualan. Sejak aku lahir mama memang sudah berjualan. Tapi saat itu hanya terdapat dua SD saja, cerita mamaku.

Di kios kecil ini mama menghabiskan hari-harinya untuk mengumpulkan rezeki untuk biaya tambahan bagi keluarga kami, tapi sejak papa pensiun ini merupakan pekerjaan prioritas bagi orang tuaku. Tapi malah disaat inilah pendapatan juga semakin menurun karena banyaknya saingan. Yah tapi kami semua percaya rezeki orang kan masing-masing jadi mama tetap jualan sampai sekarang.

Di kios mungil mama menu utama yang dijual adalah Lontong mie. Bener nggak ya sebutannya begitu? Tapi begitulah kira2. Lontong mama terdiri dari lontong bubur yang tentunya sudah dipotong-potong terlebih dahulu, terus ada dua pilihan mie, ada mi lidi tumis dan bihun tumis dengan bumbu khas mama lalu baru deh disiram kuah santan yang juga dengan bumbu khas mama. Oia ini rahasia lho, pssstt… jangan bilang ke siapa-siapa ya, sebenarnya aku ntu nggk pinter masak, padahal mamaku jago masak, hihihi payah bangedh ya!!!. Mama juga menjual kue-kue basah seperti pisang goreng, bakwan dan godok-godok. Kadang-kadang ada kue lain juga kayak kue lapis, onde-onde, dsb kalo ada bahannya di rumah. Biasanya sih pisangnya dipetik dari kebun sendiri, tapi sekarang kami sudah susah mendapatkan pisang karena pisang di daerah kami lagi kena penyakit gitu. Jadi kalo pohon pisangnya sudah mulai berbuah, maka perlahan-perlahan pohon itu akan mengering dan mati. Kasian banget kan, tapi ampe sekarang sih belum ada perhatian dari dinas pertanian setempat untuk meneliti penyebab hal ini terjadi. Penyakit ini juga hanya menyerang jenis tertentu saja *dan lagi-lagi aku nggak tau pasti jenis apa saja itu, hehehe. Oia sampai 2008 akhir mama masih menggunakan campuran tepung jagung dan tepung roti untuk membuat pisang goreng, tapi sekarang mama lebih memilih tepung instant *Adabi untuk menggoreng pisangnya untuk membuat inovasi. Kue-kue lain yang dijual ya snack gitu deh, biasa jajan anak SD kan terbatas, ya jajanannya ya kue gope’an git deh. Oia untuk anak SD mamaku masih mematok harga RP.500 lho untuk semangkok lontong, tapi untuk orang gede sih RP.2.000. See… baikkan mamaku….

Nah sekarang mari kita liat apa saja yang kulakukan untuk membantu mamaku berjualan. Hmm.. semasa sekolah sih aku memang sering males-malesan bantuin mama. Ya tau sendiri lah, apalagi zamannya SMP dan SMA, dimana kita lagi puber dan pengennya maen mulu *diluar kegiatan sekolah. Jadi kalo jaga kios ya seringan ditinggal-tinggal gitu deh. Pas zamannya sekolah aku juga sering ngerjain tugas sambil jaga kios. Pernah pas kelas 2 SMA, aku dapat tugas Biologi meringkas catatan dari buku paket plus gambar-gambarnya. Jadi karena ngejar deadline pengumpulan harus dipacu dong nyatatnya, kapan pun dan dimana pun selalu bersama buku biologi. Ampe ada tetangga yang bilang kalo aku ntu kutu buku. Haha nggak tau sih si ibu aku kan rajinnya cuma musiman, doank hahahaha…. Karena masih sekolah jadi aku bareng kembaranku cuma kebagian tugas nyuri piring dan nutup kios aja. Oia aku jago lho nyuci piring, dari piring kecil ampe wajan besi gede yang biasa buat mama masak mie *think kayaknya cuma ini deh kelebihanku dalam urusan di rumah, hihi… Tapi sekarang kalo pulang pas libuaran kuliah aku udah full bangedh bantuin mama, mulai dari bangun pagi, nyiapin adonan bakwan, ngupas pisang, buat adonan godok-godok, trus show ke kios, bantuin jualan, nyuci piring dan sebagainya. Huff… jadi pengen pulang ni!!

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya mamaku adalah orang yang ramah sangadh, ini bertolak belakang sekali ama aku yang pasif dalam hubungan interpersonal *tapi tetap nekat masuk jurusan psikologi yang sangat membutuhkan kemampuan berinteraksi sosial yang baik. Karena konsumen mama adalah bocah-bocah SD, jadi harus punya trik tersendiri untuk menarik pelanggan. Kata mama kita nggak boleh galak-galak biar mereka mau datang ke kios kita. Apalagi sekarang mama punya banyak saingan jadi harus pinter-pinter narik pelanggan.

Ini penampilan aku kalo lagi jaga kios plus pipi cubby karena keseringan ngemil

*Duh aku pengen cepet-cepet dapet kerjaan dan lulus kuliah biar mama nggak perlu repot jualan lagi, huks,,,,,

5 komentar:

  1. kamu mulia sekali ya kalo udah lulus pengen cari kerja..ayo semangat aku kasih kamu semangat lewat blog ya...hehe

    http://deekkyy.blogspot.com

    BalasHapus
  2. thx deky udah mampir di blogkuh...
    thx juga semangatnyaaa....

    BalasHapus
  3. yup sama sama..kita sesama manusia harus saling support...hhehe

    BalasHapus
  4. wah jadi kangen pengen ketakengon lagi nih.cici masih ingat gak ama abang temannya khairul waktu tk ampe smp dulu?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...