Rabu, 02 April 2014

Leuser Coffee from Gayo Land

Assalammu'alaikum wr wb

Setelah di postingan yang lalu saya bagi-bagi kopi buat dua orang yang beruntung, nggak ada salahnya Chi kenalin produk salah seorang sahabat Chi ini ke kalian ya teman-teman.

Leuser Coffee sendiri adalah home industry yang memproduksi kopi arabika, khususnya kopi Gayo. Pada tau kopi Gayo nggak teman-teman? Gayo sebenarnya adalah nama suku yang ada di Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Nah karena di sana adalah daerah dataran tinggi yang cocok ditanami kopi, sehingga kopi adalah tanaman khas di sana. Nah karena khasnya itu, jadilah kopi hasil perkebunan di sana lebih dikenal dengan sebutan kopi Gayo.



Kopi Berkualitas



Baiklah, kembali lagi ke Leuser Coffee ya. Kemarin sempat nanya-nanya dikit sih sama Danurfan, si sahabat yang punya usaha ini. Yuk kita simak Tanya jawab singkatnya yuuuuk…..

“Awalnya bisa membuka usaha ini, motivasinya apa ya best?”
“Karena suka kopi. Kopi itu seperti istri kedua sih. Karena kopi itu juga menjadi komoditi terbaik dari Aceh, khususnya Gayo”.


“Usaha ini dimulainya kapan ya best?”
“Pada awal tahun 2013”


“Sebenarnya apa cerita di balik nama Leuser Coffee itu best? Dan kenapa memilih nama itu?
"Aku mengambil nama Leuser itu karena kebanggaan tersendiri dengan kawasan hutan Aceh yang menjadi paru-paru dunia saat ini, selain basic orang yang suka atas isu konservasi lingkungan hidup jua sih. Dan penjualan setiap bungkusnya aku hibahkan Rp 1.000 untuk penanaman pohon, edukasi lingkungan hidup, baik perubahan iklim, global warming dan upaya penyadartahuan soal konservasi lingkungan hidup tadi”.


Kopi Gayo



“Terus kalo productnya apa hanya kopi arabika saja?”
“Iya, cuma arabika saja. Dan kopinya berasal dari Bener Meriah dan Takengon. Dalam pembelian bahan baku aku memberikan premium fee kepada mereka Rp 3.000 di setiap kg bahan bakunya sebagai apresiasi kepada petani kopi”.


“Mimpi kamu ke depan bersama Leuser Coffee apa best?”
“Mimpi ke depan bersama Leuser Coffee adalah bisa memberikan wujud mimpi untuk membantu kesinambungan dalam melestarikan alam dan pastinya membuka lapangan kerja juga”.




Nah itu dia wawancara abal-abalnya, hihihi…
Walau singkat dan padat, tapi banyak pelajaran yang bisa diambil dari jawaban sahabat saya yang satu ini. Semangat dan kepeduliannya terhadap lingkungan itu yang harus diacungi jempol. Pada termotivasi nggak nih hey kalian yang juga lagi mencoba membuka usaha sendiri. Kalo saya mah iya, hehehe…

Oia Danurfan, yang punya sapaan akrab Gem dari teman-temannya ini adalah sabahat saya sejak SMP. Selain pecinta kopi, dia juga merupakan pemerhati lingkungan yang juga aktif di Tropical Society dan banyak kegiatan sosial lainnya. 



Leuser Coffee

Belajar sambil bermain
Gem bersama anak-anak petani di kampung
Jagong Jeget, Aceh Tengah.


Semoga terinspirasi ya teman.



Buat yang pengen order, silahken hubungi 
Twitter     : @IndieGem
Facebook  :  Danurfan




6 komentar:

  1. Weih, keren kak, setiap penjualan satu bungkusnya Rp. 1.000 dihibahkan buat konservasi lingkungan dan pendidikan. Keren, salut kak :)

    BalasHapus
  2. kayanya enak nih kopi..

    gak ngopi gak gayo yah Chi...

    salut sama chici yang masih aktif ngeblog...

    tetap semangat yah chi,


    Ori

    BalasHapus
  3. kereeenn.. klo mau beli bisa minta dikirimin ga tuh?

    BalasHapus
  4. Sukses selalu buat Kopi Leusernya. Semoga kopi lokal makin dikenal masyarakat luas. Walaupun saya nggak begitu senang kopi, tapi kadang-kadang ya ngopi juga kalao mesti lembur. Hahahaha.

    BalasHapus
  5. gue maniak kopi nih chi dan gokil sekali nih temennya punya cita-cita yang huebat bukan sekedar jualan tapi juga memajukan daerahnya. salute!
    kopi gayo bukannya emang terkenal yah btw, hehehe

    BalasHapus
  6. Riki: wah aku jujur jg salut ki, thanks ya :)


    Ori: enaaak bingiiiit ri :D kamu jg yg semangat ya ngeblognya ( ^o^)9


    Mbak Mila: silahken order via twitter aja mbak ♡♡


    Mawi Wijna: aamiin, thanks ya :)


    Samuel: thanks ya sam, hahaha iya sih, tapi ada juga yg nggak tau loh
    sam :p

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...