Rabu, 27 Maret 2013

Intip-intip Museum Situs Kota China dan Lokasi Penggalian Candi Kuno

Assalammualaikum

Sesuai janji Chi kemarin, hari ini Chi mau ngelanjutin cerita perjalanan bersama teman-teman Blogger Sumut di hari minggu kemarin. Setelah puas menikmati suasana Danau Siombak sambil ngemil dan ngobrol kami pun melanjutkan perjalanan ke Museum Situs Kota China. Letaknya nggak terlalu jauh dari Danau Siombak, bersebelahan jalan malah. 




Jadi dari jalan lurusan dari jalan Marelan Raya, tidak jauh dari SPBU kalian akan menemukan jalan Pasar Nippon. Belok deh, ntar ketemu persimpangan nah kalau ingin ke Danau Siombak kalian ambil ke arah kanan, sedangkan untuk menuju ke Museum Situs Cina kalian ambil jalan ke arah kiri.


Jalan menuju ke museum ini kecil dan harus jeli ngikutin penunjuk arah jalannya ya. Kalau bingung jangan segan untuk bertanya dengan penduduk setempat. Museumnya terbilang kecil dan berada di antara perumahan penduduk. Sayang sesampainya di sana kami kecewa karena ternyata museumnya tutup dan kami hanya disambut sama seorang bapak yang merupakan tukang yang sedang melakukan perbaikan gedung museum. Katanya bapak tersebut biasanya sih museumnya buka, tetapi karena sedang dalam masa perbaikan, penjaga museumnya tidak berada di tempat. Bapak itu sempat menawarkan kami untuk membukakan pagar, tetapi ya percuma saja karena tetap nggak bisa masuk ke bangunan museumnya. Akhirnya bapak itu menyarankan kami untuk melihat lokasi penggalian baru yang juga diduga merupakan situs sejarah. Kami pun dengan penasaran melanjutkan perjalanan.

Tuh jalannya kecil kan...

Akhirnya setelah tanya dengan penduduk setempat kami pun diarahkah ke sebuah gang. Daerah penggalian itu berada di antara rumah penduduk dan kebun ubi kayu atau singkong. Awalnya nggak percaya juga waktu melihat lokasi penggaliannya. Habis kecil gitu.... Ternyata para pekerja dan arkeolognya juga libur hari itu :(   Dan ternyata bener aja, di duga sih ini adalah candi kuno. Tapi sayang hari Rabu berikutnya penggaliannya sudah berakhir, jadi kalo mau maen ke sana lagi juga nggak ada arkeolog bule-bule lagi yang bisa ditanyain.




nih lokasi penggaliannya


Kami nggak lama-lama di sananya, hari juga panasnya ampun. Akhirnya kami pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah Vihara Maitreya yang ada di komplek Cemara asri. Tunggu cerita berikutnya ya teman-teman :)


4 komentar:

  1. di medan ada yang gali2 candi? wow.. keren juga tuh

    BalasHapus
  2. Mbak Mila:
    Ya tapi udah kelar acara gali-galiannya mbak sekarang :(


    Rumput Ilalang:
    Hihihi lebih tepatnya sih berpanas-panasan mas :p

    BalasHapus
  3. wah ga usah jauhjauh ke luar negeri yah buat liat bangunan epik macam ini :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...