Selasa, 24 Mei 2011

Ikutan Workshop Creative Writer With Raditya Dika

Assalammualaikum
Awal bulan kemarin dapet kabar dari kak Windi ada seminar creative writer yang diadain sama Djarum. Karena harus daftar dari jauh hari, plus gratis pula, ya udah deh langsung aku ia kan tawaran kan Windi. Dan akhirnya kemarin, hari yang ditunggu-tunggu itu pun tiba. 

Lah kok segitunya amat sih nunggunya Chi? Ya ia lah, habisnya pengisi acaranya itu Raditya Dika boooo'.... Secara dia ini nih orang pertama ngenalin aku sama dunia ngeblog secara tak langsung. Sebenarnya aku juga nggak terlalu ngefans yang gimana gitu juga sih sama dia, tapi penasaran aja pengen lihat langsung gimana bentuk aslinya setelah lama baca blog dan bukunya. Dan taraaaaaa... ternyata dia orangnya nggak jauh beda dari yang sering aku lihat di acara Provocative Proactive itu. Kulitnya putih, mukanya lucu plus tinggi badan yang tak seberapa dibandingkan cowok kebanyakan. 
*siap-siap digeplak ama Radit

By the way aku datang ke acara ini sebenarnya dalam rangka menyusup, habis acaranya seharusnya kan buat mahasiswa USU doank. Tapi sama kak Windi disusupin beberapa blogger. Ada aku, Kak Windi, Mimi kembaranku, Helda, Kutaraja, dan bang Nich
Ini dia tiket masuknya

Jadi kemarin aku bareng Mimi dateng sekitar jam 1 siang gitu ke Gedung Peradilan Semu USU. Ternyata yang ngantri buat daftar ulang panjang banget. Untung masih sempat daftar ulang, karena peserta seminarnya dibatasi. Berdasarkan informasi panitia, acaranya bakal dimulai jam 1.30 gitu, tapi tetep aja ngaret jadi jam 2an. 

 Hihi Raditnya cuma keliatan sakucrit gitu ya,
maklumlah kan jepretnya pake hp doank :p

Acaranya dibuka sama mc (mbak tata young deh kalo nggak salah namanya), dilanjutin kata sambutan dari pihak kampus dan pihak Djarum sendiri selaku sponsor utama acaranya. Nggak lama muncul dah tuh makhluk nggak jelas dengan jalannya yang santai yang nyampe panggung langsung teriak BUTEEEEET... Aku rasa sebenarnya niat awalnya sih pengen nyanyi, tapi kedengerannya malah kayak teriakan nggak jelas gitu,.Dan dia itu adalah... siapa lagi kalo bukan Raditya Dika...
*tepuk tangan pun menggema seruangan

Snacknya enak banget
Ada mini hot dognya :9

Mulai lah si Radit cuap-cuap di atas panggung. 5 menit berjalan sih masih basa basi nggak jelas. 5 menit kedua mulai deh keluar aslinya. Mulai deh dia bahas tentang keluarganya. Dia cerita tentang Edgar (adiknya yang sering jadi korban kezolimannya di buku-bukunya) yang heboh nyeritain tentang adiknya yang satunya lagi, yang bernama Anggi yang lagi hobi nulis cerpen. Sebenarnya ceritanya biasa aja sih, tapi karena cara dia bawain ceritanya itu yang disertai ama suaranya yg dibikin nggak jelas waktu berperan sebagai Edgar plus mimik muka dan gerak tubuhnya itu loh, bikin sakit perut nahan ketawa. Pokoknya ngeliat dia kemarin itu serasa baca komiknya secara visual. Nah begimana pula itu bentuknya? Buat yang udah baca buku dan komik-komiknya dia pasti paham gimana gilanya isi tulisannya. 

Sepanjang acara sih mengalir gitu aja dengan gaya ceritanya yang kocak itu. Aku malah mikir, dia itu lebih cocok jadi pelawak deh kayaknya, hihihi.. Inti seminarnya itu sih, menurut Radit

Komedi baik = Persepsi unik
Jadi persepsi yang unik itu ya gimana orang lain menilai tulisan kita itu lucu atau nggak. Menurut dia nih bahan tulisan juga bisa berasal dari mana aja, bisa dari kegelisahan kita, hasil observasi, dan imajinasi. Jadi intinya, ini bukan tentang apa yang kita tulis, tetapi gimana cara kita menuliskannya.


Di akhir acara, panitia milih 3 orang buat ditantangin nulis selama beberapa menit buat dipresentasiin langsung disitu. Salah satunya mengkritik Radit habis-habisan, dan beruntungnya dia yang diakui Radit sebagai yang terbaik dibandingkan 2 lainnya. Alasannya sih karena tulisannya jujur menurut Radit. Dan akhirnya acara pun berakhir dengan acara foto bareng ama Radit. Tapi buat penanya ama 3 orang yang nulis itu doank.
*mupeng


Udah deh kelar itu Radit langsung ngeloyor keluar ruangan. Dan semua peserta pun dapet sertifikat dari Djarum (tanpa tanda tangan Radit).

Ngantri buat ambil sertifikatnya

Pulangnya seperti hari lainnya, angkot selalu setia nganterin aku kemana-mana. Dan ntah ada ide darimana, iseng aja gitu di salah satu lampu merah, aku melambaikan tangan ke cowok bermotor merah di belakang angkot kami. Aku kirain sih kaca angkotnya gelap, eeee.. nggak taunya keliatan ama dianya. Dianya malah buka tutup helmnya sambil senyum (sayang aku lupa wajahnya begimana), langsung deh pasang aksi balik badan, maluuuu.... Sempat takut juga sih dia ngikutin, untungnya dia belok. Tapi sambil jajarin aku di jendela angkot dan ngasih salam perpisahan dengan klakson motornya. Spontan deh, abis dia pergi, aku bareng mimi ngakak. Jadi inget salah satu cerita di komiknya Usami Maki, mirip gini ceritanya. Jera deh aku ngelambain tangan lagi di angkot.



10 komentar:

  1. beuh, bisa iseng juga akmu yah? hahaha bener2 ga nyngka, endingna kamu ngelambaikan tangan ke orang lain yang ga dikenal. apa gara-gara workshopnya si radit?

    BalasHapus
  2. untung ga diikutina mape rumah tuh angkot..:D jail bener..:p

    BalasHapus
  3. aiiiihh udah diposting toohh... mantaappp, mupeng deeeh, kapan yaa Radit mampir disini?? :D

    eheemm, jangan2 tu cowok nanti muncul depan rumah Chici lohh, hihih

    BalasHapus
  4. no picture is hoax ... hahaha ...

    semoga kameranya Mimi bener lagi ya say :)
    I'm not really enjoying Raditya Dika's book actually, nggak tau kenapa :p

    BalasHapus
  5. Wah seru tuh kayanya acaranya!

    gw blom pernah baca bukunya sih, tapi sering liat doi nongol di tipi, emang lucu yah dia?
    hehehe

    BalasHapus
  6. ternyata ngga di komik ngga aslinya tetep gokil :D
    cie..cie.. melambai-lambai

    BalasHapus
  7. izin baca dan menitip jejak...

    BalasHapus
  8. @Huda: kayaknya ketularan si Radit deh aku makanya bisa senekat itu, haha...
    *cari-cari alasan

    @mas Todi: sebenarnya aku memang jail orangnya mas, tapi jailnya terpendam *eh...

    @Diah: moga aja si Radit kapan2 nyampe Kendari juga ya jenk, duh jgn sampe deh jenk *doh...

    @Mbak Fenty: hihi udah nggak hoax dund mbak sekarang :p
    Selera membaca orang memang beda2 ya mbak :D

    @Samuel: tepatnya sih gila, bukan lucu sam :)

    @Celotehan: bener banget sist *sambil lambai-lambai ala miss universe

    @obinhut: selahken... makasih ya udah mampir :D

    BalasHapus
  9. Wiiiiih, aku iriii!
    wkwkwkwk, pengen bgt ktemu mpunya mbekcowo

    wkwkwkwkw, aku di angkot prnah kek gt, aku nguap angkat tangan sambil lambai2 tangan gt, trus di samping kaca ada bapak2 liati aku dgn muka heran, kagum liat ketekku mungkin, wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. @Brainless: Wah aku aja yg di sudut Sumatera ini udah ketemu, masak kamu belum Dev :p
    *makin ngiri-ngiriin

    Hahaha ntar si bpk malah sbnrnya pengen dadah-dadah jg ama cewek itu dev, tapi malah keduluan kamu :p

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...