Selasa, 02 Oktober 2012

Uang Koin yang Mulai Tak Berharga

Assalammualaikum

Hari ini aku mau ngulik tentang uang koinan nih. Lah kenapa juga harus ngebahas uang koin ya?
Sebenarnya ini tuh cuma bentuk rasa prihatinku aja sih sama keberadaannya atau malah kepunahannya *nah yang ini sedikit lebay

Jadi tuh ceritanya begini teman-teman...
Seperti kita semua pada tau  kalo recehan terkecil Rupiah itu Rp.100 kan ya? Lah terus apa gunanya coba pecahan terkecil itu ada tapi kalau di pasaran juga udah nggak laku lagi?

Whaaaaat?
Nggak lakuuuu?
Iya beneran ini... *walau nggak di seluruh wilayah Indonesia sih


Aku mau kasih contoh kasus aja deh. Nah di kota kelahiranku, Takengon (Aceh Tengah) uang koin Rp.100 dan Rp.200 itu udah nggak berharga lagi loh. Jadi anak-anak sekarang di sana itu cuma ngenal recehan Rp.500 aja sebagai pecahan terkecil di Indonesia Raya kita tercinta ini... Jadi kalo baru balik di sana, aku suka ngumpulin itu recehan dua buat di bawa ke Medan, lumayan bo' *oke abaikan yang ini 
Sayang aja ya gitu, memang sih di sana udah nggak ada tuh barang apapun yang harganya nggak digenapin jadi Rp. 500 di ujungnya. Apa mungkin ini sebabnya pemerintah juga udah mulai ngeluarin pecahan Rp.1000 itu *yang mirip koin buat maen game di game centre itu loh ? Itu koin juga saking ringannya suka nggak nyadar kalo itu berharga *tepuk jidat Jangan-jangan bentar lagi pecahan Rp.500 juga bakalan langka lagi :(

Nah setelah sering cerita ke teman-temanku, ternyata bukan di Takengon aja yang kejadiannya kayak begini. Ternyata di daerah Tapanuli Selatan itu juga terjadi hal yang sama. Itu recehan dua udah nggak laku juga :(
Tapi di sana masih mending sih, kalo kembaliannya ada ratusannya diganti sama permen *udah kayak di mini market aja ya bo'

Padahal aku ingat tuh, aku masih pernah megang recehan RP.25, yang masih bisa buat beli permen 5 buah semasa itu. Terus lama-lama mulai punah dan digantikan sama recehan Rp.50 yang mulai dari rada berat dan berganti lagi jadi super imut berwarna kekuningan itu. Oia aku juga masih punya yang cetakan terakhirnya ya udah berubah jadi silver dan super ringan itu. Nah sekarang recehan Rp.100 dan Rp.200 itu pun mulai disangsikan kelestariannya *alaaah... apa coba? 

Ooohh Rupiahku, sungguh malang nasibmu...
Bisa-bisa pabrik celengan bakal tutup nih bentar lagi :(
Bisa-bisa harga permen jadi seribu.
Bisa-bisa ongkos angkot naik gopek.
Bisa-bisaaaaa.....
*teriakan rakyat kecil

Nah, di daerah kalian gimana teman-teman?
Apa ada kejadian serupa kah?




17 komentar:

  1. Selamat pagi sahabat.
    Terima kasih atas artikelnya yang menarik dan inspiratif

    Jangan lupa mengikuti kontes Unggulan Indonesia Bersatu lho ya. Klik saja : http://tamanblogger.com/blogging/konteskuis/kontes-unggulan-indonesia-bersatu-cara-mencegah-dan-menanggulangi-tawuran

    Terima kasih.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Waaaaaa.. mahasiswa juga ikut menjerit ci..
    klo lg bersih2 sering nemu uang receh kececer lmayan bnyak dan sudah beberapa kali jd penyelamat diakhir bulan :D

    BalasHapus
  3. Kalau di supermarket, uang 100, 200 masih laku. Tapi di pasar tradisional justru sulit.

    Semoga ini menunjukkan peningkatan taraf hidup masyarakat... Hehehe...

    BalasHapus
  4. nah itu lah nilai rupiah makin lama makin jeblok ajeeee... nangis nih gw lama2 makin miris klo nuker rupiah sama dollar, makin jd turis kere bwahahahaaa

    BalasHapus
  5. bener kak, perlahan-lahan harga duit kita gak ada harga, duit krtas 1000 lagi pada lusuh semua karena anggaran untuk cetak duit seribu tidak memadai, gak bertahan lama

    jadi rindu ama jajan SD yg cuma 25 rupiah

    BalasHapus
  6. yaha, tapi emang gitu kkarena nilai uang dan inflasi menyebabkan nilai nominal uang akan terus naek, tapi ada rencana dari pemerintahan mau revaluasi nilai pecahannya, mudah"an terlaksana deh

    BalasHapus
  7. sinting, friend kalo ngomongin koinan :D

    gara-gara inflasi negara kita tercinta ini nominal uang makin lama makin gak keruan.
    terbukti kan seribuan jadi koin sekarang. dampaknya juga gak tanggung-tanggung kan, gak cuma di kota besar, tapi di daerah2 juga

    BalasHapus
  8. siapa tahu kalau kebijakan sanering sudah diberlakukan, uang-uang receh pecahan 100 dan 200 akan berjaya lagi :D

    BalasHapus
  9. nasib uang koin, tapi kalo koinnya emas akan beda lagi ya

    BalasHapus
  10. sebenernya sih uang koin bakalan akan terus tetap ada, tapi currency-nya aja yang bakalan naik, contohnya ya kaya' uang 500 ini, terus uang 1000 koin udah mulai marak dipakai

    tapi jangan salah loh uang 100an yang berat gede itu di toko mahar udah berharga 3000rupiah *curhat* hahahaha, siapa bilang nilainya akan turun ?

    BalasHapus
  11. iya, saya aja mulai gak perhatian sama recehan, padahal duit juga..

    hobi fotografi juga ya?
    sama dunk..

    ditunggu foll-back nya lho..

    BalasHapus
  12. Shohibul Kontes:
    Terima kasih juga untuk infonya :)

    Alan:
    Huaaaa bener banget tuh lan, suka begitu juga aku (/>o<)/

    Niken Kusumowardhani:
    Kalo di Medan malah masih mudah nemu recehan mbak di pasar...

    Mbak Mila:
    Huaaa diriku yang masih calon turis ini begimana lagi nasibnya (--")

    Aizeindra Yoga:
    Iyaaa, seribuan kertas sekarang pada lecek2 :(

    EYSurbakti:
    Amin (J>o<)J

    Samuel:
    Ho oh sam, miris banget :(

    Mawi Wijna:
    amin (J>o<)J

    Win3:
    Wah kalo emas semua pada doyan kayaknya, hihihi....

    Mbak Fenty:
    Iya juga ya mbak, ah mau ngumpulin koinan lama jg ah, mana tau ntar pas udah langka bisa menghasilkan, hihihi.... :p

    Yudi Darmawan:
    Wah jangan-jangan kamu malah nggak punya uang recehan sama sekali lagi (--")
    Hehe iya, tapi masih modal minjem :p

    BalasHapus
  13. nasimu uang koin T_T
    tapi di daerah sy lombok...receh 100/200 masih cukup dihargai kok sama anak2 malah ibu2 hehe...tapi yang seperti ceritanya kakak kayaknya tinggal menunggu waktu saja hhh

    BalasHapus
  14. bener tuh ci mending dikoleksi aja, 10 tahun lagi justru nilainya tinggi..

    BalasHapus
  15. kalau tempat saya uang 100 sama 200 masih laku.. yang gak laku itu uang 1000 koin yang wayang itu lho..

    BalasHapus
  16. dikumpulin aja.. ditukar di bank.. :D uang kuno mahal lho.. #kayaknya sih..

    BalasHapus
  17. Azizah:
    tuh kan sama kan mikirnya kayak aku T.T

    dv:
    *langsung beli celengan >>>>

    Rental mobil surabaya:
    *berpikir keras >> hmmm koin seribu yg wayang itu yg mana ya? lupaaa....

    Iklan baris:
    Wah kalo ke ditukar ke bank bukannya nilainya sama aja ya?
    *sok tau juga

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...