Minggu, 20 Januari 2013

Sekilas Tentang Interior Mesjid Raya Medan (Keliling Kota Medan)

Assalammualaikum

Nah setelah sebelumnya Chi cerita tentang perjalanan menyusuri daerah Teladan, sekarang kita intip sedikit interior dari Mesjid Raya Medan yuk. Tapi karena ngambilnya pake kamera ponsel jadi harap maklum kalo gambarnya nggak maksimal. 


Salah satu kubahnya
Diambil dari arah toilet perempuan

Mesjid ini dibangun sekitar tahun 1906 dengan gaya arsitektur khas Timur Tengah, Spanyol dan India. Jadi wajar aja kalo masuk ke dalam mesjid ini kita disuguhi dengan pemandangan yang menarik. Dari gerbangnya aja udah bagus, gimana lagi dengan interiornya :D



Tuh kan gerbangnya aja udah bagus gitu
Hehe ini foto lama ya bukan pas perjalan kali ini :p

Sayang nggak bisa ngambil gambar dari arah depannya, karena halamannya lagi dipasangi tenda. Kurang tau juga mau diadain acara apa di sana. Halamannya termasuk luas loh, justru mesjidnya yang agak kecil. Jadi nggak bisa menampung terlalu banyak jamaah.

Selesai shalah Dzuhur mulailah muter-muternya ( >o<)9



Ini bagian depannya, tuh mimbarnya kelihatan di ujung
Oia itu pilarnya lumayan gede loh, 
ada 8 buah malah di seluruh ruangan



Nah di bagian belakang ada semaca tangga gitu.
Sampai sekarang Chi kurang tau apa fungsinya.
Tapi tetap aja bagus bentuknya



Kalian bisa dapetin ukiran ini di dinding bagian dalam
dan luar juga




Ukiran di pintunya manis yaaaa... :D



Mejeng dulu di depan pintu, hehehe



Lantai di terasnya nih, manis yaaa...



Bagian atas terasnya, kereeeen...



Kaca patrinya juga cantik,
sayang sebagian ada yang udah
pada pecah :(


Di salah satu lorong terasnya
ditambah dengan tiang-tiang
manis itu


Mejeng di depan menaranya dulu.
Menaranya kecil loh itu



Bagian belakang mesjid, 
kurang lebih depannya juga beginilah.
Ya ampun, ini kayaknya bakal jadi 
gaya andalan nih, 
gaya jam 11.20
hahaha


Sebenarnya dulunya Mesjid Raya ini masuk dalam wilayah istana kerajaan loh. Wah nggak kebayang yah luas lingkungan istana waktu itu. Walau dekat juga jaraknya ke Istana Maimun, tetap aja berasa juga pegelnya kaki kalo jalan, hehehe... Udah puas muter-muter saatnya nyebrang untuk mampir ke Taman Sri Deli deh, tunggu cerita selanjutnya ya... :D





12 komentar:

  1. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie
    yozidahfilputra.blogspot.com

    BalasHapus
  2. salah satu mesjid yg pngen tak kunjungi nih :D
    pngn foto kayak foto plg bawa..

    BalasHapus
  3. maaf lho mba Chi..sekali lagi maaf....loading nya berat....mungkin gambar headernya terlalu besar atau mungkin koneksi internet sy ya?...???

    BalasHapus
  4. lengkap nih ceritanya, ihiiy.

    Subhanallah ya kereenn banget Mesjid Raya nya, jadi pengen kesana, klo saya jalan kesana dibawa keliling juga kan Chi? hehehh

    teruus kapan ke Istananya jenk? :D

    BalasHapus
  5. cici..
    ini posting yang ditulis semalam lepas makan ikan ya?
    wah, sudah lama ternyata aku meninggalkan kota medan..
    dulu belum semegah itu..
    terakhir ke situ tahun 2003 kalo ga salah..

    BalasHapus
  6. penyuka foografii..
    i like postingannya

    BalasHapus
  7. Dari dulu saya hanya bisa melihat masjid ini lewat gambar. semoga suatu hari bisa jalan-jalan ke sana

    BalasHapus
  8. hei chi, ada gak penampakan kubahnya dari toilet lelaki? penasaran nih viewnya gimana.. #ehh #digetok

    hha..
    sibuk jalan-jalan aja nih kayaknya..
    lanjut pangeran cahayanya chi :p

    BalasHapus
  9. gaya jam 11.20 nya keren wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. Bagus, Chi masjidnya. Sepintas itu gerbangnya mirip Masjid At-Tin di Taman Mini. :D

    BalasHapus
  11. aku suka atapnya pasti adem banget haha

    BalasHapus
  12. Yozidahfilputra:
    Salam kenal juga :D


    Alan:
    Hihihi aku jadi inget alan itu pertama penasaran sama Medan ya karena Mesjid Raya ini ya :p


    Mas Arya:
    waduh *garuk-garuk kepala*


    Diah:
    Tapi ngangkot ya jeng :p
    Udah pernah nulis kok tentang istananya jeng, check aja :)


    Ochy:
    Iya chy, huaaa lama sekali itu.. Udah banyak yang berubah pasti ( >o<)b


    Muhaimin A Untung:
    Makasih ya :D


    Huda Tula:
    Amin (J >o<)J


    Uchank:
    Hahaha bisa-bisa kena geplak aku kalo ke toilet cowok chank, hahaha lagi blank buat surat yang manis nih :p


    Mbak Mila:
    korban drama korea sih itu sebenarnya mbak :p


    Mbak Retma:
    Gitu ya mbak, belum pernah ke TMII, hehehe....


    Nonni Shetya:
    Banget jeng ( >o<)b

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...