Jumat, 16 September 2011

Nonton Bareng Film Dokumenter Radio Rimba Raya di Takengon

Assalammualaikum
Hari Sabtu yang lalu (10/9/2011), aku bareng Mimi kembaranku dapat undangan buat nonton film dokumenter Radio Rimba Raya di Takengon. Awalnya sih masih ragu bisa hadir apa nggak, karena pemutaran filmnya malam hari. Kalo sama papa sih biasa jarang-jarang dapet izin buat keluar malam. Tapi alhamdulillah akhirnya diizinin juga. Awalnya sih acaranya mau diadain hari minggunya, tapi entah kenapa jadi dipercepat. Syukur juga sih, soalnya kalo pemutarannya hari minggu, aku udah pasti nggak bakal bisa nonton karena harus balik ke Medan malemnya. 

Film dokumenter ini adalah karya dari putra daerah yang bernama Ikmal Gopi. Yang lebih serunya lagi, pemutarannya filmnya kayak pemutara layar tancep gitu saking ramenya yang nonton. Tenda dan kursi yang disediain panitia ampe nggak cukup gitu. Diriku salah satu penonton yang harus rela berdiri manis di sudut lapangan. Walau hujan sempat turun, antusias penonton tetap tinggi. Buktinya nggak langsung bubar seketika juga pas hujan mengguyur. Beruntung aku ketemu senior sewaktu di SMA yang bawa payung. Jadinya bisa nebeng deh *nasib nggak bawa payung sendiri*. Kalo mau lihat liputan lengkapnya, klik DISINI aja ya :)

 Ini dia cover filmnya

Duh jadi lupa, teman-teman udah pada tahu kan sama Radio Rimba Raya?
Radio ini adalah Radio Republik Indonesia Darurat yang disiarkan dari Dataran Tinggi Gayo. Waktu itu berita yang disiarkan itu berkaitan dengan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Jadi lewat radio ini nih disiarkan bahwa Negara Indonesia itu masih ada ke beberapa negara dengan beberapa bahasa juga. Radio ini disembunyikan di Kampung Rimba Raya, kecamatan Pintu Rime Gayo, kabupaten Bener Meriah. Untuk mengenangnya, di sana kita masih bisa mendapati menumennya. Tapi perangkat radionya udah nggak ada, karena disimpan di salah satu museum di Jogjakarta. Gitu deh kira-kira cerita singkatnya. Kalo mau tau lebih jelasnya, klik DISINI aja ya :)

Malem minggu yang seru walau begitu film habis kami langsung pulang, hehe...
Senang melihat antusias warga Takengon yang masih peduli dengan masalah sejarah beginian, apalagi aku lihat banyak anak kecil yang nonton. Moga aja ke depannya makin banyak cineas kreatif yang mengangkat masalah sejarah seperti ini. Temen-temen kalo filmnya udah beredar di pasar (tapi nggak tau juga sih, bakal dijual nggak ya?) harus nonton ya, biar tahu juga kalo sebenarnya pernah ada radio yang nyiarin tentang keberadaan negara kita semasa penjajahan Belanda.

Mari peduli dengan sejarah (>o<)/

8 komentar:

  1. jadi inget pelajaran sejarah, perebutan kekuasaan, kemerdekaan bla bla bla...seru ya bisa dapet undangan gitu Chi, aku loh nggak pernah ^^

    BalasHapus
  2. Hihihi sebenarnya acaranya terbuka buat umum sih Jeng, tapi karena aku ikutan Fanpagenya di FB jadi ada undangan pemberitahuan. Yah kurang lebih memang isi filmnya tentang sejarah Radio Rimba Raya itu sendiri jeng :)

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum, salam silaturrahim Mbak, ternyata ketemu juga dengan kembarannya Mbak Mimi.

    Nobar layar tancep pasti seru, mengingatkan waktu di kampung nonton di lapangan film g 30 s pki berkali-kali. Yang seru nonton sambil kerubutan sarung, saking dinginnya malam hari di lereng semeru.

    BalasHapus
  4. Wah, kalo hujan apa suaranya terdengar dengan jelas? ^^

    BalasHapus
  5. wah, saya baru tau kalo kalian itu kembaran. hebat ya, sama2 ngeblog. :D

    BalasHapus
  6. hujan-hujan menonton layar tancap. Wah india banget! *nggak nyambung* hahaha kalau masalah sejarah, saya semangat bacanya. Apalagi kerajaan zaman dahulu. Bisa begadang nih! hehe

    BalasHapus
  7. sejarahnya bagus neng...
    ane jg dapet undangan d FB, tpi yg jdi masalah yg nonton pada ngerubungi tu layar dh layarnya cm sebesar papan tulis lgi, semua pd bediri yg nonton...
    yg d belakang cm bisa liat kepala, punggung, sm pantat org doang...
    *namanya jg acara gratisan kt yg adain acara...
    hedeeewwwww...

    BalasHapus
  8. @Djangan Pakies: Walaikumsalam mas, haha ternyata daku dicari-cari *Geer
    Hihi ia mas, dinginnya udah menusuk tulang. Kebetulan lokasi nontonnya juga di dekat danau, jadi berasa dinginnya :)

    @Asop: kami nontonnya dekat Speaker Sop, jadi dijamin kedengeran, hehe... :p

    @Yus Yulianto: Loh baru tau tho Yus, bukannya akus sering cerita ya disini?

    @Reza Pahlevi: Wuidihh saluuut, aku nggak ampe segitunya jg sih doyan sejarahnya :p

    @Ex-Specialist: Hehe kalo masalah layar buat nonton memang agak disayangkan, harusnya dibuat lebih tinggi ya biar yg di belakang kelihatan. Tapi seru juga lah, kan udah jarang nonton rame-rame gitu di lapangan. Jadi tau gimana rasanya gimana perasaan orang-orang yg lagi nonton layar tancep. Bosen sama yang serba instan dan canggih... :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...