Minggu, 19 Juni 2011

Mencari Bintang

 dari sini 

Assalam mualaikum
Tadi pas beli sate padang, iseng-iseng ngelihat langit. Jadi inget tentang postingan mbak Fenty tentang benda-benda antariksa deh. Benda langit yang sering menarik perhatianku adalah bintang. Kembali lagi ke waktu aku mandangin langit tadi. Langitnya masih sedikit berwarna kemerahan. Padahal tadi langitnya udah nangis loh *baca hujan… Biasanya sih kelar nangis langitnya lumayan cerah. Mungkin ntar mau nangis lagi kali yah. Hmmm mungkin karena warna langit yang agak kemerahan itu makanya bintangnya nggak kelihatan, Huff… padahal lagi pengen lihat bintang :(
 
Hmm mau nanya nih ama teman-teman, di daerah kalian apa masih mudah menjumpai benda langit itu kalo malem? Di Medan udah susah soalnya. Mungkin ini dia salah satu pengaruh polusi cahaya. Pada tau nggak apa itu polusi cahaya? Kalo menurut Wikipedia, polusi cahaya itu adalah dampak buruk akibat cahaya buatan manusia. Yah ini tentu aja karena cahaya yang ada sekarang sudah berlebihan, misalnya dari penggunaan lampu gedung, lampu jalan, dsb.Akibatnya kita jadi sulit menikmati keindahan langit lagi sekarang ini.

Biasanya sih terjadinya di kota besar. Yah Medan ini salah satunya. Padahal kalo di Takengon ngelihat bintang itu mengasyikkan loh. Nggak jarang malah ngelihat bintang jatuh. Tapi kok permohonanku jarang yang terkabul ya? Hihihi.. Lah kalo di Medan ini, susah nemu bintang di langit. Apalagi aku juga tinggal di daerah yang lumayan padat penduduk dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jadi efek cahaya yang berlebihan itu berasa banget. Hmm disini kalo menjelang hujan di malam hari, langit juga suka memerah duluan. Aku juga nggak tau pasti itu ada hubungannya sama polusi cahaya atau nggak? Habis kalo di Takengon langitnya biasa aja tuh.

Duh sedih banget ya kita-kita yang tinggal di kota besar. Selain udah mendapat dampak polusi udara, kita juga kebagian polusi cahaya. Dari yang pernah aku baca, polusi cahaya berdampak banget bagi para astronom, di Indonesia ya contohnya di Observatorium Bosscha yang ada di Bandung. Mungkin waktu Bandung belum seramai sekarang disana juga pemandangan langitnya mirip kayak di Takengon kali ya? Bahkan salah satu obsevatorium di Jepang ditutup karena banyaknya lampu yang digunakan disana, jadinya bintang-bintangnya pun nggak kelihatan. Dan lagi, ada efeknya juga buat hewan. Burung-burung yang sering bermigrasi jadi mengalami kesulitan karena banyaknya cahaya sekarang. Penyu juga jadi takut ke pantai untuk bertelur karena pantainya terlalu terang sekarang. Waduh, bisa-bisa penyu makin langka donk kalo begini ceritanya.

Ternyata segala sesuatu itu kalo terlalu berlebihan itu beneran nggak baik ya? Oh bintang, sulitnya menemukanmu di kota ini….

10 komentar:

  1. hmmm..di Jogja sini masih kelihatan. mungkin akrena tempat tinggalku agak pinggiran juga si. tapi kalau kampung halaman di LOmbok, beuh...jangan tanya deh. hehehehe. apalagi i Lombok sering mati lampu...^^

    >>sepertinya emang ada pengaruhnya kok. Kalau dari daerah pegunungan atau stepa-stepa gitu bintangnya kelihatan banget.

    BalasHapus
  2. hihiihi di tangerang masih bisa klihatan jelassss banget alhamdulillah ..hehehehehe

    BalasHapus
  3. Waktu aku ke Balikpapan masih banyak bintang bertebaran, hehehe, masa si di Medan begitu ? aku belum pernah ke sana soalnya.
    Selain di Balikpapan, waktu pergi ke pedesaan rumah pakdhe-ku di Banyuwangi, langitnya juga masih cerah banget, oohh I love it ... I just love the sky at night :)

    BalasHapus
  4. @Huda: makanya, Takengon itu kan daerah pegunungan Huda, makanya puas banget ngeliat langit di malam hari (>o<)/

    @Brigadir kopi: asik dund mas :)

    @Mbak Fenty: yah karena aku tinggalnya masih dekat ama pusat kota kali ya mbak, kalo di daerah pinggiran kota sih mungkin masih keliatan :)
    I love too (>o<)/

    BalasHapus
  5. dulu didaerahku, waktu kukecil, sering banget liat malem2 bintang2 gitu di langit. masih banyak. eh sekarang udah langkah banget liat pemandangan yang kayak kamu maksud. hehehe....

    BalasHapus
  6. katanya cahaya adalah bentuk kehidupan..tapi yang cahaya yang berlebihan mampu menghilangkan kenikmatan hidup ya:)

    BalasHapus
  7. harus berbenah medan kalo begitu chi....dulu waktu saya di Padang masih keliatan kok, masih bagus langitnya. Dan sekarang di Jambi juga masih ada.

    BalasHapus
  8. ngga keliatan karena ketutupan awan kali ya...?

    BalasHapus
  9. yah efek polusi cahaya memang jadi masalah dikota-kota...paling bagus kalau pergi kehutan ^__^ atau daerah yg ga ada sumber lampu....waaaah itu langit seperti ga ada tempat lagi buat mejeng.....full bintangnya...full all stars ^__^

    BalasHapus
  10. @Nuell: wah disana juga ya Nuell?

    @Mas Todi: ya mas, memang yg berlebihan itu nggak baik ya mas :)

    @Mbak Cha: hihihi gimana benahinnya ya mbak? Susah sih. Karena listrik memang udah jadi kebutuhan kan sekarang :p

    @Eks: nggak tau juga sih :p

    @Mas Arya: Ia mas, di Takengon juga masih gitu :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...