Rabu, 18 Februari 2015

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Medan

Assalammu'alaikum wr wb


Perpustakaan Umum Kota Medan
Gunakan ini sebagai petunjuk letak
perpustakaannya ya.


Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Medan ini udah menjadi PR sejak zaman kapan tau, akhirnya minggu lalu kesampaian juga berkunjung ke sana. Biasanya saya lebih sering berkunjung ke Perpustakaan Daerah sewaktu kuliah.

Perpustakaan ini terletak di Jl. Iskandar Muda sebelum lampu merah simpang Jl. Gajah Mada. Nyempil diantara dua kantor lainnya membuat saya bingung dimana pintu masuknya. Awalnya saya kira perpustakaannya justru berada di dalam salah satu kantor tersebut, tetapi ternyata tidak.

perpustakaan
Bagian depan perpustakaan.

Sticker di pintunya


Masuk ke dalamnya kita langsung disambut dengan rak-rak buku. Ternyata ruangannya juga kecil, sehingga kesannya agak sempit perpustakaannya.


Silahkan dipilih bukunya :)


Di sebelah kanan terdapat tempat duduk untuk membaca atau sekedar ingin mempergunakan jaringan wi-fi. Oia juga terdapat beberapa komputer juga di sana. Maaf foto bagian ini yang saya ambil tidak bagus hasilnya. Lalu di sebelah kiri ada petugas perpustakaan bagian meminjam dan mengbalikan buku dan mengurus keanggotaan perpustakaan juga. Di bagian ujungnya terdapat loker untuk menyimpan tas pengunjung. Sayang lokernya nggak ada kuncinya.

Di bagian kanan juga terdapat perpustakaan khusus anak-anak dan dilengkapi dengan mainan juga. Di sebelahnya terdapat sebuah kantor. Oia di samping loker juga terdapat sebuah kantor.

Beralih ke bagian belakang juga terdapat beberapa meja besar beserta kursi untuk para pembaca. Saya memilih membaca di bagian ini. Tepat di bagian kiri belakang juga terdapat cafetaria mini.

Pemandangan daei tempat saya membaca.


Menurut saya perpustakaan ini terlalu padat isinya, apalagi jika pengunjungnya ramai. Dan sedikit ribut. Entah karena saya datang ketika jam istirahat atau memang begitu saya juga kurang tahu.

Koleksi bukunya juga terbilang koleksi buku-buku lama. Jarang terlihat buku-buku terbitan baru. Entahlah, mungkin pada dipinjam semua kali ya, hehehe...

Yah setidaknya ada tempat alternatif membaca buku gratis baru buat saya sekarang. Karena kalau kemari kan hanya sekali angkot aja :)

Nah, kalian apa sudah pernah berkunjung ke Perpustakaan Umun Kota Medan ini belum?

13 komentar:

  1. kapan BLOG M rame rame kesana

    BalasHapus
  2. Cucok, tiap mau ke sana gagal mulu padahal mau urus kartunya biar kapanpun ke sana bisa duduk kece.aku pernah sekali

    BalasHapus
  3. Wah, asyik bisa dilewati angkot. Kalo di sini udah masuk ke kompleks sekolah. Di sini juga kadang pas rame, rame banget, mba Cici. Tapi kadang sepi juga. Ramenya kalo ada mahasiswa sengaja numpang nyari wifi. Sering liat ada yang nyempil di bawah sambil internetan dan ngerjain tugas. Hihi. :D Kalo buku baru mungkin tergantung pendanaan dari daerah, kalo di sini ada donatur dari keluarga pendiri perpusnya, selain dari pemerintah juga.

    BalasHapus
  4. Surganya para pecinta buku, dimana lagi bisa membaca buku gratis selain di perpustakan. Di sini (Purwokerto) juga ada perpustakaan daerah. Namun, terlihat kurang ramai tempatnya. Mungkin karena minat baca di sini msh sangat kurang. Atau mungkin malah perpustakaannya sndiri yang kurang menarik, hehe

    Fasilitas terpenting di perpus itu wifi, hehe itu yang bisa bikin betah lama. Maklum mahasiswa sukanya cari yang gratisan :D

    BalasHapus
  5. dilemanya perpustakaan umum daerah/kota tuh kadang banyak yang gatau tempatnya dan kadang kurang dirawat juga sama pemda setempat.

    BalasHapus
  6. perpustakaan daerah masih ada ya??

    BalasHapus
  7. saya sudah tiga kali berkunjung ke Medan, belum pernah ke perpustakaannya. Hehhe sibuk bener seharian berkeliling area pameran di MICC, dan kunjungan ke obyek wisata di sana..Kangen sama duren medan..enak bangetss

    BalasHapus
  8. kurang di update, kurang dapat perhatian kak... coba main ke dgital library unimed

    BalasHapus
  9. Apa Masuk nya gk pake persyaratan ????

    BalasHapus
  10. WiFi nya sudah tidak ada

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...