Minggu, 25 November 2012

Road Show Tulis Nusantara di Medan

Assalammualaikum

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 24 November 2012 Medan kedatengan event road show Tulis Nusantara yang diadakan di beberapa kota loh. Jadi acaranya itu sharing dan workshop menulis gitu. Acara yang berkerja sama dengan Nulis Buku dan Plot Point ini juga ngadain Kompetisi Menulis loh, yang juga berkerja sama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Jadi tema tulisannya itu "Menangkap Ragam Cerita Hidup di Indonesia" yang karya pemenangnya ntar bakal dibukukan. Buat yang tertarik ikutan, lihat infonya di sini ya :D


Yaaak balik lagi ke acara workshopnya ya. Jadi acara workshopnya diadain di Penang Corner di Jl. Dr Mansur Medan. Acaranya berlangsung dari sekitar jam 10 pagi sampai jam 1 siang. 


Di sesi sharingnya ada mbak @windyariesta penulis Life Traveler. Mbak Windy yang juga berprofesi sebagai editor dan copy writer ini cerita banyak tentang pengalamannya. Menurut mbak Windy, inti dari menulis itu adalah latihan dan tindakan. Yang lebih penting itu tulislah apa yang kita tahu, tapi kalo pengen nulis hal-hal yang nggak kita ketahui ya cari tau dong atau riset terlebih dahulu biar ntar jatuhnya nggak sok tahu kitanya, hehehe...


Bareng mbak Windy

Nah di sesi berikutnya ada mas Arief Ash Shiddiq dari Plot Point. Sama mas Arief kami dipancing untuk mengembangkan ide menulis cerita dalam waktu singkat. Hihihi aku yang rada lemot ini, agak bingung juga sih karena susah buat berpikir cepat ngembangin cerita. Kami juga dibagi dalam beberapa kelompok gitu untuk ngembangin satu cerita yang di akhirnya dikomentari dan diberi masukan sama mas Ariefnya sendiri. Seru deh pokoknya. 

(ki-ka) Mas Arief, Icha, aku

Nah menurut mas Arief sendiri pada intinya cerita itu adalah perubahan sebuah karakter dan dalam sebuah cerita itu harus mengandung kontras, konflik dan krisis. Kami juga diberi modul pelatihan buat ngembangin cerita sama mas Arief. Mas Arief malah julukinnya LKS, hihihi kayak sekolah aja ya :D

Yang paling asik sih karena NBC Medan (Nulis Buku Community) sekalian kopdar colongan nih. Abis udah lama nggak ngumpul-ngumpul. Udah nggak tau bilang kangennya sama mereka. Tapi ggak berasa acaranya udah kelar aja setelah kami selesai makan siang. Waktunya berpelukaaaan.. eh maksudnya berpisah :p


NBC Medan bareng mbak Windy, mbak Agnes, dan 
lupa nama mbak yang dari Nulis Bukunya
Photo from here

Oiya di hari minggu ini juga ada event bareng anak Piknik Asik Medan, jadi tunggu ceritanya di postingan selanjutnya ya :)

Hmmm.... masih nyari ide nih mau nulis apa buat kompetisi nulisnya. Buat cerita tentang kebudayaan di Takengon seru juga kayaknya.... Kalian ikutan juga nggak?





6 komentar:

  1. Aku vote for Takengon heheheee

    BalasHapus
  2. Aizeindra Yoga:
    Hahaha nggak aci iriii zein :p

    Mbak Mila:
    Asiiiiik... makin semangat nih ngumpulin bahannya (/ >o<)/

    BalasHapus
  3. masih mikir2 yang mau dipostingin nih mbak gak tau bakal ikutan kagak

    BalasHapus
  4. ikutan gih ci :) siapatau menang :)

    BalasHapus
  5. Anotherorion:
    Ayo semangat mas bro, mana tau beruntung kitanya :D


    Alan:
    Iya nih lan, lagi ngumpulin bahan tulisannya :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...