Senin, 21 Mei 2012

Cuap-cuap Tentang Kopi

Assalammualaikum

Kali aku mau cuap-cuap tentang kopi nih. Walau dari kecil aku sudah familiar dengan kopi, aku ini bukan termasuk orang yang maniak kopi. Malah bisa dibilang jarang kalo mengkonsumsi kopi. Di rumah cuma mama sama abangku doank yang minum kopi. Yah palingan kalo minum kopi itu ikutan nyeruput dari gelasnya mama aja kalo mama lagi ngopi. Mamaku bisa dibilang addict sih sama kopi, ampe kalo nggak minum kopi pagi hari seharian bisa pusing-pusing tuh. Tapi sejak tekanan darahnya sering naik, akhirnya kami di rumah berusaha ngurangin kebiasaan mama yang over itu kalo minum kopi. Dulunya bisa 4-5 kali minumnya sehari dengan ukuran segelas, sekarang dua kali sehari dengan ukuran setengah atau sepertiga gelas aja. 

Lagi-lagi kalo ditanya tentang kopi itu aku banyak nggak ngertinya. Walau sering bantuin ngutip buahnya, boro-boro ngerawat, nanamnya aja nggak pernah. Well di rumah itu anak mama papaku nggak ada yang berbakat berkebun. Tangannya juga pada panas semua, tau deh apa itu pengaruh kebiasaan atau nggak, hehe... Tau deh ntar kebun papaku siapa yang bakal ngurusin kalo papa mama udah nggak bisa ngerawat lagi *tepuk jidat

Walau nggak terlalu mengenal kopi, aku ini tetap pecinta kopi. Aku suka aroma manisnya kopi yang matang di batangnya, biasanya nih bakal kecium pas kita ngutip buah kopi. Aku suka aroma biji kopi saat digongseng sebelum digiling menjadi bubuk kopi yang siap dibuat menjadi minuman. Tapi ampe sekarang aku nggak pernah menggongseng sendiri. Paling bantuin mama pas awalnya doank, sebelum biji-biji kopi itu kubuat gosong, hehe... Aku juga paling suka aroma bubuk kopi saat diseduh air panas. Huuaaa harumnya itu, jadi kangen mama...

Wah ini rada parah ya sebenarnya. Dari kecil dikelilingi kopi tapi ampe sekarang nggak tau menau tentang kopi. Jadi kayak dekat di mata, jauh di hati gitu..  How pitty I am... hiks... Nyeselnya baru dateng sekarang :( 

Oia seminggu yang lalu aku dapet kiriman kopi dari my best Indie Gem di Banda Aceh. Temanku ini kebetulan bekerja di Warung Rumoh Aceh. Salah satu warung kopi yang lagi naik daun di Banda Aceh sono. Aku juga sebenarnya penasaran pengen maen kesana. Karena sesuai namanya, bangunan warung ini berbentuk rumah tradisional Aceh. Oia terus kopi yang dijual di sana juga berasal dari Tanoh Gayo alias tanah kelahiranku, yang biasa dikenal dengan kopi Gayo. Kalo mau lebih jauh tentang Warung Rumoh Aceh boleh intip dimari nih... Warung Rumoh Aceh

Temanku ini sekarang ahlinya meracik kopi disana, sayang aku belum pernah ngerasain racikannya. Waktu ke Banda Aceh di akhir tahun kemarin nggak sempat mampir ke warungnya, hiks... Tapi dengan kebaikan hatinya, sahabatku ini ngirimin aku dan Mimi sebungkus kopi arabica dan kopi luwak. Thanks a lot ya my best. Tinggal janjiku nih yang belum terpenuhi untuk ngajak dirimu ke kebun kopi papaku yang tak seberapa itu, hehe...

Ini dia kemasan luarnya


Ini kopi luwak yang mahalan ituuuu....


Ini kopi arabicanya dan si Gem salah ngirim versi espressonya 
walhasil ampasnya kasar gitu


Buat kalian yang lagi berkunjung jangan lupa mampir ke Warung Rumoh Aceh yang beralamat di Jln. Rawa Sakti V no 122B - Banda Aceh, Indonesia.

Salam pecinta kopi (>o<)b

19 komentar:

  1. waduh, aku gak suka kopi...
    hehhehehee

    BalasHapus
  2. Saya hanya menikmati kopi sesekali saja. Mungkin karena itu akhirnya saya kurang faham dengan berbagai jenis kopi.

    BalasHapus
  3. ini postingan berbayar ya ? :p

    anyway, aku baru mengenal dan meminum kopi believe it or not adalah saat kuliah, karena saat itulah aku harus begadang gara2 tugas :p

    tapi sampai sekarang belum sampai maniak gitu sih, insyaAllah :)

    BalasHapus
  4. aku mau cobain cici.. :) sisain 2 shot buat kopdar yaa.. :D :D hahaha.. :))

    BalasHapus
  5. kopi luwak nya berapa harganya tu cici????????

    BalasHapus
  6. wah pengen nyobain kopinya nih

    BalasHapus
  7. sama deh kalau begitu...ama mama...sy juga sehari bisa 3 gelas besar/big jumbo....$_$...

    kalau ga minum..rada-rada bingung mau ngapain yaaa?...lingling..e eh linglung...makanya kemarin juga sempat ditegur ama teman yg ahli kesehatan...kurangi kopi perbanyak air putih saja......kasian ginjal katanya...

    BalasHapus
  8. ngebanyangin chici menyeruput kopi itu*jadi ngiler...

    BalasHapus
  9. Wuhooo, sebagai penggemar kopi, gw sangat meyimak postingan satu ini.
    Wuahh kayanya kopinya enak tuh, hehehe

    ditunggu review kopinya, hehehe :D

    BalasHapus
  10. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  11. Mbak Elsa:
    wah nggak suka ya mbak? Tapi aku juga nggak addict sih :)

    Mas Alamendah:
    Hehe sama donk mas,tapi kalo nggak salah jenis tumbuhannya cuma 22 bukan ya? Kalo jenis olahannya itu yg banyak kayaknya mas
    *sok tau

    Mbak Fenty:
    hehe nggak kok mbak, sekalian bantu promosi aja :p

    Icanami:
    Huaaa cha udah abis diembat anak sekontrakan :(

    ndt radio active:
    ayo maen ke aceh atau bisa dipesan juga ke websitenya :)

    Mas Arya:
    Yah kalo kurang minum air putih ya ginjalnya yang sayang mas :(

    Iwan:
    *nyodorin cangkir kopi

    *Samuel:
    Asyiiik salam pecinta kopi Sam :)

    Outbound di Malang:
    Terima kasih udah berkunjung :)

    BalasHapus
  12. saya suka kopi *dulu* tapi efeknya kurang enak buat tubuh, jadi sering pipis, dan itu sangat gak nyaman. jadi sekarang stop :D

    BalasHapus
  13. Mbak Anna:
    Wah sama mbak, aku juga kalo minum kopi bawaannya pipis-pipis mulu... :(

    BalasHapus
  14. aku malah penasaran, pengen lihat pohon kopi aslinya kaya gimana..


    eh, mama mu metal juga ya? bisa 4-5 cangkir sehari?

    BalasHapus
  15. Huda:
    Di jogja ndak ada perkebunan kopi ya hud?

    hehe karena udah terbiasa dari kecil minum kopi kali ya, tapi ya itu tekanan darah mamaku jadi tinggi...
    *eh ada hubungannya nggak ya? :p

    BalasHapus
  16. kopi jowo. kopi favoritku. Salam Pecinta Kopi Jowo

    BalasHapus
  17. Salam Pecinta Kopi Gayo juga \(>o<)/

    BalasHapus
  18. Asyik juga tulisannya, terus berkarya! *minum kopi*

    BalasHapus
  19. Cerita Medan:
    Thanks bang, semangaaaat (/>o<)/

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...