Minggu, 21 September 2014

Perihal Kabut

Assalammu'alaikum wr wb

Pagi ini di Medan hujan, gimana dengan kota kalian teman? Seperti kita tau beberapa hari ini pulau sumatera dipenuhi kabut asap lagi ya, nyampe ke Medan juga asapnya. Yah mudah-mudahan di Riau dan Pekan Baru beberapa hari hujan terus ya biar asapnya menipis, aamiin..

Negara kita memang dari dulunya selalu diselubungi kabut ya teman. Tapi sekarang beda versi. Kalo dulu kabutnya ya memang karena hutan dimana-mana, nah kalo sekarang kabutnya kabut asap :'(

Karena kampung halaman saya di daerah pegunungan ya masih sering lihat kabut juga kalo lagi pulang. Tapi kalo di medan udah jarang, perasaan embun yang nempel di dedaunan aja jarang ada.



Kalo di daerah pegunungan kabut bisa dateng kapan aja. Jadi ingat dulu semasa kecil, karena rumah nenek memang berada di kaki gunung jadi kalo hujan mau dateng jadi kayak ada suara gemuruh gitu. Taunya itu suara hujan yang turun di atas baru kemudian turun ke arah perumahan di sekitar kaki gunung.

Kabutnya juga gitu, bisa muncul tiba-tiba dan menghilang tiba-tiba. Kayak pas tahun lalu saya membantu orang tua mengutip kopi. Dari pagi, hari tuh memang udah mendung. Nggak lama gerimis mulai turun. Nggak lama hujan sedikit deras dan tiba-tiba kabut datang dan udara terasa lebih lembab dari sebelumnya. Hahaha sempat panik juga, soalnya kan lagi di tengah-tengah pokok kopi jadi ruang gerak juga sempit. Udara lembab itu kan bukan ide  bagus ya buat yang punya alergi kayak saya. Ada gitu 10 menitan begitu, tapi tiba-tiba juga kabutnya hilang dibarengi hujan yang juga mereda. Alhamdulillah.

Hahaha buat yang punya hobi mendaki cerita saya ini sedikit lebay ya, hahaha... Iya nih sama kabut dan kelembaban segitu aja pernapasan saya udah kalah, gimana mau ke atas lagi ya?

Yah tapi entah sampai kapan kita bisa melihat kabut (yang dalan arti sebenarnya). Sampai kapan hutan bisa tetap terjaga, tidak tergantikan dengan perkebunan sawit yang juga bikin krisis air?

Ah entahlah, mau nyalah-nyalahin orang atau pihak-pihak tertentu juga siapa saya? Jaga lingkungan terdekat juga masih belum becus. Yah mudah-mudahan jangan sampai kabut yang selalu kita jumpai itu bukan melulu kabut asap ya teman :(




5 komentar:

  1. Saat sedang membaca ini, kabut memenuhi ruangan kamar saya di Banda Aceh....

    BalasHapus
  2. jd inget nembus kabut pekat jarak pandang cuma 2 meter.. keluar dari zona kabut pakaian basah semua :D

    BalasHapus
  3. Foto hutannya keren banget, kayak di film2 misteri holiwud gitu

    BalasHapus
  4. di kalimantan selatan juga lagi musim asap..kasian yang jadi korban anak2 saya... dan yang bikin miris, hampir setiap tahun kejadian asap ini selalu berulang dan berulang... hal yang tidak biasa menjadi sebuah kebiasaan..entahlah #prihatin

    BalasHapus
  5. Azhar Ilyas: waaah kabut asap rokok bukan mas? :p

    Alan: wuuuiiih... di Lampung apa Jogja tuh lan?

    Mba Mila: iya mba, minjem foto temenku yang memang suka ke hutan ♡

    Mas Todi: duh kesian si kecil ya mas, tapi ya balik lagi ya mas, kita bisa apa ( T,T)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...